26 Mar 2012

5 Unsur Penting Dalam Desain Logo


5 Unsur Penting Dalam Desain Logo




        Seperti disebutkan, sebuah logo yang baik adalah yang khas, tepat, praktis, grafis dan sederhana dalam bentuk, dan ia menyampaikan pesan yang dimaksudkan sang pemilik. Anda harus mengikuti lima prinsip di bawah ini untuk memastikan bahwa desain yang ada buat atau yang dicari  memenuhi semua prinsip diatas dan dibawah ini :

- Sederhana
- Mudah diingat
- TIdak Termakan Waktu
- Serba Guna
- Sesuai

1. Sederhana


        kesederhanaan adalah kunci dari desain logo. Dalam penciptaan salah satu logo kita harus mempertimbangkan nilai mnemonic manusia, itu membuat selalu diingat.Lihat lah logo dari produsen sepatu diatas yang dibuat dengan desain yang sangat sederhana dan tidak termakan waktu, atau sebai contoh lain perusahaan Apple.


2. Mudah Di ingat


        Setelah dekat dengan prinsip 'sederhana', sebuah logo juga harus mudah diingat. menjaga tetap sederhana namun tepat.

"Mengejutkan banyak orang, subyek logo adalah penting relatif sedikit, dan bahkan kesesuaian konten tidak selalu memainkan peran penting.
Ini tidak berarti bahwa kesesuaian tidak diinginkan. Ini hanya menunjukkan bahwa hubungan satu-ke-satu antara simbol dan apa yang dilambangkan sangat sering tidak mungkin untuk mencapai dan, dalam kondisi tertentu, dapat diterima. Pada akhirnya, mandat hanya dalam desain logo, tampaknya, adalah bahwa mereka menjadi khas, mudah diingat, dan jelas". Paul Rand


3.Tidak Termakan Waktu



        Logo anda harus bisa bertahan dalamujian waktu, apakahn itu akan bertahan dalam waktu 10,20 atau 50 tahun?
"Tinggalkan tren untuk industri fashion. Tren bisa datang dan pergi, dan ketika Anda sedang berbicara tentang mengubah celana jins atau membeli baju baru, itu bagus, tetapi di mana identitas merek Anda yang dikhawatirkan, umur panjang adalah kunci. Jangan ikuti paket. Harus menonjol.".- David Airey


4. Serba Guna



    Sebuah logo yang efektif bekerja di berbagai media dan aplikasi, seperti spanduk, kaos, mug, sampai kartu nama. Untuk alasan ini, logo harus dirancang dalam format vektor, untuk memastikan bahwa bisa diubah dalam bentuk apapun.

Tanyakan pada diri Anda, apakh logo anda masih efektif jika dicetak ...
Dalam satu warna? Dalam warna terbalik (cahaya logo pada latar belakang gelap)?
Ukuran perangko? Besar untuk ukuran billboard?

Salah satu cara untuk membuat logo serbaguna adalah mulai merancang dalam warna hitam dan putih. Hal ini memungkinkan anda untuk fokus pada konsep dan bentuk, bukan warna.
"Saya ingin bekerja pertama dalam hitam dan putih untuk memastikan bahwa logo akan terlihat baik dalam bentuk yang paling sederhana. Warna ini sangat subjektif dan emosional. Hal ini dapat mengalihkan perhatian dari desain keseluruhan - mengatakan jika Anda melihat logo Anda dalam semua merah, warna yang mungkin menjadi hal pertama yang menanggapi dan bukan komposisi dari elemen desain. Aku bahkan tidak akan mempertimbangkan untuk mengirimkan saran warna untuk klien untuk diperiksa sampai mereka telah ditandatangani pada logo hitam putih akhir."
Patrick Winfield


5. Sesuai


     Logo anda harus sesuai dengan perusahaan.sebagai contoh logo untuk mainan anak-anak, harus sesuai dari mulai font yang dipakai hingga warna.tapi tidak harus menampilkan dari produk atau jasa itu sendiri.logo sepeda tidak harus bergambar sepeda, logo makanan tidak harus menggambarkan makanan. Logo Mercedes bukan gambar mobil, logo Apple bukan komputer, dll. Sekali lagi tidak Perlu menampilkan produk atau jasa yang ditawarknan, tapi Sesuai.

Terimakasih untuk waktunya membaca sedikit artikel ini, semoga bermanfaat. :)

Thanx to :
www.smashingmagazine.com

0 komentar:

Posting Komentar